- 1 Maret 2018

Apa sih Work from Home?

Pandemik yang terjadi akhir-akhir ini memberikan efek luar biasa bagi banyak aspek kehidupan masyarakat dunia. Covid-19 yang awalnya hanya dianggap virus seperti flu biasa, kini bahkan sudah membuat beberapa negara melakukan lockdown. Dari sisi perekonomian sendiri, banyak perusahaan dan bisnis dari yang besar hingga kecil terkena dampaknya. Banyak company yang menerapkan Work From Home atau dikenal dengan hashtag WFH. 

Apa-sih-Work-from-Home-photo1-88-GDS-Channel.jpg

WFH terjadi secara rata di hampir seluruh perusahaan di negara yang terdampak virus Corona (Covid-19). Dekat dengan teknologi mungkin sudah biasa dalam kehidupan sehari-hari Anda, seperti menggunakan smartphone untuk membantu memudahkan komunikasi Anda, namun jika komunikasi yang Anda lakukan begitu efektif yaitu bekerja dari rumah dengan baju tidur dan bermuka bantal, bukankah itu seperti impian yang menjadi nyata?

WFH juga merupakan salah satu upaya yang dihimbau dari pemerintah dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19. Selain itu, WFH dilakukan sebagai langkah kepedulian terhadap sesama manusia dan cara mendukung social distancing.

Berbicara soal work from home, ternyata banyak manfaat yang didapatkan ketika perusahaan menerapkan cara kerja WFH ini. Produktif berkerja dari rumah ternyata cukup efisien, seperti ini contohnya: 

 

1.    Mengerjakan pekerjaan kantor dalam posisi ternyaman. Anda bisa melakukan pekerjaan dalam posisi santai di dapur, di kamar, di ruang tamu, dan dimana saja di dalam rumah.

2.    Jika kamu tinggal sendiri atau ngekos, ini termasuk poin plus! karena Anda dapat tetap fokus dalam mengerjakan tugas kantor.

3.    Bonusnya, work-life balancejuga bisa Anda atur kembali dengan menentukan waktu untuk bekerja dan bersantai.

4.    Anda dapat menghemat waktu dan ongkos. Tidak perlu keluar rumah dan terjebak macet untuk mencapai tempat kerja

5.    Perusahaan tentunya juga mendapat peluang untuk menghemat anggaran pengeluaran.

Kalau saat ini WFH sudah menjadi hari ke sekian yang mungkin sudah tidak Anda hitung lagi, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda kembali produktif secara maksimal.

Apa-sih-Work-from-Home-photo3-89-GDS-Channel.jpg

Jalankan seperti rutinitas biasa

Lakukan kegiatan sama seperti ketika kamu bekerja di kantor. Seolah-olah WFH hanya dibedakan oleh lokasi, antara rumah dan kantor, selain itu jalani seperti rutinitas pada umumnya seperti bangun pagi, mandi, grooming dan dress up. Bersiap-siaplah terlebih dahulu seperti sarapan atau minum kopi/teh sebelum berfokus pada pekerjaan Anda. Hal ini dilakukan untuk mengatur pola hidup sehat dan mencegah depresi ataupun dampak virus Corona lainnya.

Buat To-do List Sehari Sebelumnya

Ketika di rumah, ada banyak faktor yang dapat mengalihkan fokus kita dalam mengerjakan tugas. Maka dari itu, ada baiknya untuk membuat to-do-listatau daftar tentang hal apa saja yang akan Anda lakukan hari ini pada saat sehari sebelumnya. Hal ini dapat membantu Anda dalam membuat skala prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang tidak. Stop membuang waktu dalam menyelesaikan tugas dan jadilah orang yang efisien.

Tetap Miliki Jam Kerja Reguler

Walapun judulnya kerja dari rumah, Anda tetap harus memastikan untuk mengatur waktu dengan baik. Layaknya bekerja di kantor, pastikan untuk tidak menunda waktu bekerja. Tak hanya itu, Anda juga perlu menjadwalkan jam istirahat makan siang dan jam selesai bekerja.

Walaupun melakukan remote workingdengan kerja di rumah, jam bekerja harus tetap berjalan normal dan tinggalkan pekerjaan ketika waktunya telah selesai. Cara ini sangat membantu Anda dalam menentukan batasan antara kehidupan kerja dan keluarga.

Jadwalkan Meeting Online Secara Berkala

Tentu pekerjaan yang kamu lakukan mengharuskan untuk berkomunikasi dengan orang lain baik itu adalah rekan sekantor maupun atasan Anda. Pertemuan secara berkala penting dilakukan agar koordinasi pekerjaan dan tugas dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Usahakan meeting dilakukan pada pagi hari karena hal ini akan membuat Anda lebih serius dan fokus.

Apa-sih-Work-from-Home-photo5-85-GDS-Channel.jpg

Selalu berhubungan dengan teknologi dan internet

WFH menuntut Anda untuk selalu menggunakan internet dan berbagai teknologi lainya. Baik itu dilakukan untuk meeting, mengumpulkan tugas kerja, dan lainnya. Kamu dituntut untuk selalu bisa online dan terhubung dengan lainya ketika tidak berada dikantor. Anda juga dapat menggunakan aplikasi GDS link untuk mengkoneksikan berbagai hasil portofolio pekerjaan Anda baik untuk client maupun tim kerja Anda hanya dengan mengumpulkan berbagai tautan dalam satu link yang terkoneksi dalam GDS link milik Anda. Selain praktis, WFH tentu menjadi lebih menyenangkan.

Semoga tips-tips diatas memberikan manfaat untuk kegiatan WFH Anda! Kunjungi website GDS (www.gdschannel.com) untuk tahu lebih lanjut.

 

GDS Channel Logo

Copyrights 2018 | All Rights Reserved